Resep Tumis Daging Sapi Saus Tiram - Mendekati hari raya qurban, anda masih bingung menyiapkan menu masakan apa dirumah ? Biasanya kita banyak menjumpai daging sapi aau daging kambing. Dan untuk bunda yang ingin masak yang simple dan cepat, bunda bisa mencoba resep tumis daging sapi saus tiram.


Resep Tumis Daging Sapi Saus Tiram

Masakan jenis ini memang menjadi salah satu hidangan lezat dan membuat nafsu makan anda tergoda. Dan banyak sekali contoh resep yang bisa anda coba. Contohnya sbb : resep daging saus tiram cabe ijo,resep  daging saus teriyaki saori, resep  daging sapi saori saus tiram, resep tumis daging cabe ijo, tumis daging sapi bawang bombay, daging saus asam manis, daging saus tiram, dan resep steak daging sapi saus tiram.

Dan untuk bunda yang menginginkaan membuat sendiri dirumah, kali ini saya akan membagi resep tumis daging sapi saus tiram yang enak dan lezat. Yuk, mari kita lihat dibawah ini.



Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 150 gram daging sapi
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 sendok teh ketumbar, haluskan
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 3 buah cabai rawit, iris
  • 2 buah cabai merah, iris
  • 3 batang daun bawang, iris
  • ½ siung bawang bombay, cincang
  • garam dan gula secukupnya
Cara memasak tumis daging sapi saus tiram:
  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging lalu masak hingga daging matang. Tiriskan dan iris tipis sesuai selera.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan jahe, ketumbar, merica, cabai, dan saus tiram. 
  3. Masukkan daging dan tuang sedikit air kaldu, masak hingga bumbu meresap. Masukkan daun bawang, tambahkan kecap, garam, dan gula secukupnya. 
  4. Tumis hingga air berkurang dan mengental.
  5. Tumis daging siap sajikan dengan nasi hangat.

Tips Dan Trik :

1. Iris Daging Tipis- Tipis

Agar tumis daging cepat matang, maka anda harus mengirisnya setipis mungkin. Masalahnya, tekstur daging yang kenyal dan elastis akan menyulitkan anda memotongnya secara tipis. Tapi tenang saja, anda bisa menyiasatinya dengan membekukan daging terlebih dahulu hingga setengah beku. Daging yang beku memiliki tekstur yang keras dan padat, serta bentuknya akan tetap konsisten sehingga memudahkan anda saat memotongnya.

2. Hindari mencuci daging
Setelah mengiris daging jadi tipis, anda sebaiknya tidak mencucinya. Hal ini hanya akan membuat daging jadi amis ketika dimasak. Cukup hilangkan kotoran yang nampak dengan lap atau tissue dapur.
3. Rendam daging dengan bumbu (marinasi)
Sebelum ditumis, ada baiknya anda merendam daging terlebih dahulu dengan bumbu sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Misalkan, untuk membuat teriyaki, anda harus merendam daging dengan campuran saus teriyaki, kecap manis, kecap asin, dan bumbu lainnya selama minimal 1 jam. Akan lebih bagus lagi jika anda merendamnya semalaman penuh. Selain membuat bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna, proses perendaman ini juga bisa membuat tekstur daging jadi lebih empuk.
4. Masak daging sebentar saja
Langkah terakhir yaitu menumis daging. Gunakan api besar dan masukkan daging setelah bawang putih atau bombay sudah ditumis hingga harum. Masak daging sebentar saja, tidak lebih dari 3 menit agar daging tidak berubah jadi alot/keras. Agar matang merata, anda juga harus menggoreng atau membolak-balik/mengaduk daging selama pemasakan.

Selamat Mencoba...
loading...

0 Komentar